Indikator Sasaran Keselamatan Pasien Periode Triwulan 1 tahun 2019

 

Analisa :

Standar identifikasi pasien pada pemakaian gelang pasien dengan tiga identifikasi sudah mencapai target 100%. Karena di RSUD Siti Fatimah telah menggunakan stiker label dengan tiga identitas.

Analisa :

Untuk indikator kepatuhan prosedur SBAR pada instruksi pemberian obat dari DPJP kepada perawat baru mencapai 75 %. Pelaksanaan SBAR diruangan harus dilaksanakan secara berkesinambungan dan dilakukan pengawasan oleh kepala ruangan dan katim ruangan yang selalu mengingatkan petugas dan dokter DPJP untuk melaksanakan SBAR

Analisa :

Kepatuhan Pemberian Label Obat High Alert oleh Farmasi  hampir mencapai target sebesar 100%, Pada bulan – bulan sebelumnya masih banyak ditemukan obat- obat high alert yang belum di beri label sehingga dari pokja SKP dan Apoteker melakukan sosialisasi dan pengawasan yang rutin terhadap jenis – jenis obat high alert yang harus diberikan label di setiap ruangan sehingga terjadi peningkatan persentase dari bulan Januari sebesar 54%, Febuari sebesar 86% dan bulan Maret mencapai 93% walaupun belum mencapai target sebesar 100%.

Analisa :

Untuk indikator pelaksanaan site marking sudah terlaksana dengan baik yakni mencapai target 100%, karena pemahaman dokter dalam melakukan site marking pada pasien yang akan dilakukan tindakan operasi sudah baik, sehingga di dapatkan tidak adanya kesalahan dalam pelaksanaan tindakan operasi diharapkan pelaksanaan site marking berjalan secara berkesinambungan dengan peran perawat yang selalu mengingatkan DPJP waktu visite untuk melaksanakan site marking sebelum operasi dengan menggunakan surgical skin marker,

Analisa :

Pada pelaksanaan kepatuhan hand hygine telah disosialisasikan setiap pagi pada waktu pelaksanaan apel maka yang diharapkan semua karyawan di RSUD Siti Fatimah Provinsi Sumatera Selatan memahami tentang 6 langkah dan 5 moment mencuci tangan, dari hasil sosialisasi setiap apel pagi di dapatkan persentase pada bulan januari sebesar 92,96% dan februari  93,52% dan bulan maret 91,22% dan hampir mencapai target sebesar 100%, untuk mencapai target 100% tetap melakukan pengawasan dan monitoring oleh tim PPI secara kontinyu.

Analisa :

Pada bulan Januari hingga Maret tidak terdapat pasien jatuh. Hal ini disebakan karena pahamnya keluarga pasien atau pendamping tentang resiko pasien jatuh, selain itu sudah terdapat penandaan pada gelang pasien.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *